Cerita-Cerita dari LaSastra 5: Hari Kedua


With my funky English teacher, Mrs. Isti

With my funky English teacher, Mrs. Isti

Sebelumnya: Cerita-Cerita dari LaSastra 5 Hari Pertama

Pada hari kedua LaSastra 5, 30 Oktober 2014, saya datang lagi. Tapi, kali ini saya datang sebagai tamu sekaligus pedagang buku, menjajakan Rahasia Hujan di baazar acara. Jadi, di hari ini saya lebih santai, tidak perlu gugup memikirkan soal naik panggung atau lain sebagainya. Saya juga bisa berinteraksi dengan siswa-siswi SMAN 5 Bogor, atau siswa-siswi dari sekolah lain yang datang sebagai peserta. Mereka membeli buku, ngobrol, sampai dipaksa selfie dengan saya. Hahaha. Senangnya lagi, ternyata adik kelas saya waktu masih di SMAN 5, Raidinal Aliffahrana, juga menyempatkan diri untuk hadir.

Dengan siswi-siswi kece

Dengan siswi-siswi kece penggemar Rahasia Hujan. Hihihi.

Selfie

Selfie

Pada hari itu, bintang tamu yang datang jauh lebih mentereng ketimbang “alumni yang jadi penulis lalu diundang ke LaSastra 5”. Tak tanggung-tanggung, yang datang adalah Donny Dhirgantoro, penulis novel mega best seller 5 CM, dan band Tangga (yang sekarang ganti nama jadi band Dekat). Tentu saja saya tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk bertemu mereka.

Masih memiliki sedikit privilege sebagai alumni dan bintang tamu kemarin sore, saya diizinkan panitia bertemu mereka. Pertama, saya bertemu dengan Bang Donny Dhirgantoro. Saya memperkenalkan diri dan memberi novel Rahasia Hujan untuk dia. Mungkin karena sama-sama penulis akhirnya kami mengobrol cukup lama. Bang Donny bilang dia sedang ada proyek untuk membuat film. Dan, surprise-nya lagi, dia juga minta saya untuk mengirimkan novel pertama saya (yang kebetulan tidak saya bawa waktu itu). Terakhir, sebelum pamit, saya minta foto bersama dengan Bang Donny.

With Donny Dhirgantoro

With Donny Dhirgantoro

Mangsa selanjutnya adalah personel band Tangga. Mereka baru selesai makan dan sedang bersiap-siap. Saya datang untuk menghadiahkan Rahasia Hujan dan SKSD (sok kenal sok dekat) sebentar sebelum mengganggu mereka untuk berfoto bersama. Untungnya, mereka sangat ramah sehingga saya tidak perlu diusir oleh security karena telah mengganggu Tata yang masih makan. Yang jelas, saya sudah senang dan puas sudah bertemu mereka. Tinggal menunggu kehadiran mereka di atas panggung.

With Kamga, Chevrina, and Tata

With Kamga, Chevrina, and Tata

E ciyee di-mention

E ciyee di-mention

Yang pertama muncul di panggung adalah Bang Donny, disambut hangat oleh peserta. Rasanya tak ada orang di bawah tenda LaSastra 5 yang belum membaca novel atau menonton film 5CM. Dia pun segera menceritakan pengalamannya menerbitkan buku hingga memberi saran, tip, dan trik dalam menulis. Meski tidak ada sesi tanya jawab ke peserta, tapi sepertinya peserta cukup puas.

Lalu giliran Tangga, yang benar-benar ditunggu. Bahkan panitia sampai kelimpungan untuk menjaga panggung. Akhirnya peserta diperbolehkan untuk mendekati panggung tapi mereka harus duduk (mungkin supaya enggak ricuh dan mengakibatkan Tata harus lari dari kejaran ABG-ABG putri yang kesengsem dengan jenggot Seneca Crane-nya).

Dan, Tangga pun memberi pertunjukan yang terus memproduksi mass hysteria dengan lagu-lagu mereka yang catchy, familiar, dan vokal yang apik. Mereka mengakhiri pertunjukan dengan lagu “Hebat” yang sangat cocok sekali untuk menutup acara LaSastra 5. Lagu itu seolah ingin bilang ke peserta kalau mereka semua hebat karena telah mengikuti lomba dengan sebaik-baiknya. Juga seperti ingin bilang ke panitia kalau mereka semua hebat sebab sudah mampu mengadakan acara sekaliber LaSastra 5.

Dan… dan, mungkin saja mereka ingin bilang hebat ke saya karena sudah bisa menjadi seorang novelis #kegeeran #blush. Hahahaha 😀

Intinya—mengambil istilah anak-anak remaja zaman sekarang—LaSastra 5 pecah serunya! Kegembiraan terus berlangsung sewaktu para pemenang lomba diumumkan. Setelahnya, maka berakhir sudah acara LaSastra 5. Para panitia berkumpul di depan panggung dan mereka merayakan kesuksesan dengan berfoto dan menyanyikan theme song LaSastra 5. Saya pun tak mau kalah, dengan tidak tahu malu melakukan ultimate selfie dan foto bareng bersama para panitia.

LASASTRA 5 SELESAI!

LASASTRA 5 SELESAI!

Suasananya begitu menggugah. Mereka bernyanyi-nyanyi lantang, melonjak-lonjak gembira, lega karena acara yang telah mereka rencanakan 3 bulan sebelumnya berhasil dilaksanakan dengan sukses dan lancar. Suasana haru pun terlihat, membuat saya teringat kembali pengalaman yang sama sewaktu selesai mengadakan LaSastra 5 satu dekade silam. Terlihat sekali adik-adik kelas saya itu telah berusaha keras demi menyukseskan LaSastra 5, dan sore itu segala jerih payah mereka terbayar tuntas.

Wajah lega Bu Dini, Ketua Panitia, dan siswa-siswinya

Wajah lega Bu Dini, Ketua Panitia, dan siswa-siswinya

Melihat mereka, saya jadi tersenyum sendiri. Saya memang selalu senang melihat remaja-remaja yang aktif dan mengisi hari-hari mereka dengan kegiatan positif. Di tengah ramainya berita negatif tentang citra remaja di negeri ini, ternyata masih jauh lebih banyak remaja-remaja yang menyibukkan diri untuk menempa potensi diri dan berprestasi seperti mereka-mereka yang ada di depan saya.

We are the Part of LaSastra 5!

We are the Part of LaSastra 5!

I need to post this! Katanya waktu SMA w sama gantengnya dengan Tamma :D

I need to post this! Katanya waktu SMA w sama gantengnya dengan Tamma 😀

Pada akhirnya, saya pun pamit ke mereka. Saya sempat menghadiahkan satu eksemplar Rahasia Hujan dan mug ke pihak sekolah dan panitia sebagai kenang-kenangan. Saya pun pulang dengan perasaan sangat senang. Senang karena telah diundang ke acara LaSastra 5, juga senang karena LaSastra 5 sudah jauh lebih besar dan lebih baik.

Kenang-kenangan buat panitia

Kenang-kenangan buat panitia

Untuk adik-adik kelas saya yang telah bekerja keras menyelenggarakan LaSastra 5, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Terima kasih telah menjaga tradisi LaSastra 5 dan membuat saya bangga pernah menjadi bagian dari tradisi tersebut. I salute you all! Sukses buat kalian semua.

Foto bareng Ketua OSIS & Ketua Pelaksana

Foto bareng Ketua OSIS & Ketua Pelaksana

 

@AdhamTFusama

Leave a Reply

